13 Februari 2013

Mata Ikan di telapak kaki gue


Pengertian penyakit mata ikan

Penyakit mata ikan adalah kelainan pada kulit manusia yang menurut istilah medis disebut Clavus/Plantar Wart. Penyakit yang sering menyerang pada kaki, terkadang juga ada di tangan dan jari jemari. Di daerah Jawa Timur, penyakit ini disebut dengan caplak. Penyakit ini terdengar tidak elit dan terkesan kampungan, oleh karena itu penderita mata ikan tidak mau berbagi cerita karena malu dan penyakitnya tidak segera diobati. Padahal jika tidak segera ditangani maka ikan akan membesar dan orang yang mengidapnya akan semakin menderita.
Salah satu tanda munculnya penyakit mata ikan adalah penebalan kulit karena tekanan atau gesekan benda keras. Selain itu kulit yang sama berada di tempat lembab sehingga menjadi keras atau disebut sebagai keratinous plug. Pada awalnya penebalan kulit ini berfungsi untuk melindungi kulit, namun jika bertambah luas akan mengakibatkan radang atau nyeri. Mata ikan menonjol ke dalam dan sesuai nama memiliki inti di tengahnya yang mirip dengan mata ikan yang bening dan sakit jika disentuh. Jika kondisi menjadi parah, maka akan timbul ulkus atau borok. Mata ikan umumnya muncul di bagian telapak kaki, di daerah tumit.

Penyebab penyakit mata ikan

Penyakit mata ikan disebabkan oleh virus human papilomavirus (HPV). Virus HPV ada dua jenis yakni HPV-1 dan HPV-2. HPV-1 menyerang pada kaki, HPV-2 menyerang pada tangan. Penyebab lain daripada mata ikan adalah adanya tekanan yang berlebihan dan berkesinambungan pada daerah tertentu pada kulit. Penyakit ini harus cepat diobati karena jika mengalami borok akan terjadi infeksi. Keadaan yang ada yang bisa memburuk jika penderita adalah orang yang gemuk dan menggunakan alas kaki yang sempit sehingga tekanan berlipat ganda pada telapak kaki. Tekanan dan gesekan yang terus menerus pada satu anggota tubuh dapat menyebabkan mata ikan. Seperti misalnya penggunaan palu yang konstan pada tukang kayu dapat menebalkan kulit telapak tangan dan beresiko mata ikan tumbuh disana.

Cara mengatasi mata ikan

Sebelum pergi ke dokter, cara mengatasi penyakit mata ikan adalah dengan mengurangi penyebabnya. Misal jika anda sering menggunakan sepatu yang sempit, maka tinggalkan sementara waktu. Mata ikan merupakan penebalan kulit, maka acara menanganinya pertama kali tentu saja dengan mengurangi penebalan kulit. Kemudian,c ara pengobatan yang bisa dilakukan adalah:
  • Rendam kaki dengan air hangat yang dicampur sabun mandi yang lembut selama sekitar 15 menit.
  • Setelah itu gosok kulit yang menebal dengan batu apung atau menggunakan sabun khusus untuk kulit. Jangan mengikis kulit yang menebal secara langsung, namun bertahap sedikit demi sedikit.
  • Setelah beberapa saat angkat kaki dari rendaman dan cuci dengan air bersih kemudian keringkan kaki dengan handuk kering.
  • Sebelum kaki benar-benar kering, oleskan salep yang mengandung salisilat 40% yang befungsi untuk mengangkat kulit mati.
Jika mata ikan sudah lama berada di kulit, maka operasi kecil (miror surgery) yang menggunakan bius lokal biasa harus dilakukan. Lapisan kulit yang menebal beserta “mata” akan diangkat. jika operasi kecil sudah selesai, maka bekas luka akan diberi obat dan diperban. Biasanya tak lama, luka akan kering dan sembuh.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

isi di bawah sini...komentar anda : menggunakan anonimous atau menggunakan web anda contoh www.suralaya.com