08 Mei 2012

KESEHATAN

Tanaman Alami Penurun Trigliserida dan Kolesterol
Selasa, 2 Maret 2010 | 15:15 WIB


TERKAIT:
JAKARTA, KOMPAS.com -  Banyak tanaman obat yang secara turun temurun terbukti dapat menurunkan kadar kolesterol maupun trigliserida darah. Karena murah dan mudah didapat, Dr. Setiawan Dalimartha, Ketua II PDPKT (Perhimpunan Dokter Indonesia Pengembang Kesehatan Tradisional Timur), menyarankan penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari.

Trigliserida, menurut Dr. Setiawan, dibentuk di hati dari gliserol dan lemak yang berasal dari makanan dengan rangsangan insulin atau dari kelebihan kalori akibat asupan yang berlebihan. Konsumsi alkohol, makanan manis, santan, dan karbohidrat secara berlebihan akan meningkatkan kadar trigliserida.

Kolesterol dikenal sebagai penyebab utama terjadinya proses aterosklerosis, yaitu proses pengapuran dan pengerasan dinding pembuluh darah, terutama di jantung, otak, ginjal, dan mata. Akibat proses itu, saluran pembuluh darah, khususnya pembuluh darah koroner, menjadi sempit dan menghalangi aliran darah di dalamnya. Keadaan di atas dapat meningkatkan risiko penyakit jantung koroner (PJK) dan stroke.

Kolesterol meningkat bila kita berlebihan mengonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh, baik dari sumber nabati maupun hewani. Peningkatan kolesterol juga terjadi akibat menurunnya pengeluaran (ekskresi) kolesterol ke usus melalui asam empedu atau produksi kolesterol di hati meningkat. Kolesterol cenderung meningkat pada orang yang kegemukan, kurang olahraga, stres, dan perokok berat.

Kolesterol yang pada hakekatnya berasal dari lemak adalah zat yang berguna untuk menjalankan fungsi tubuh. Sebagai sumber energi, lemak memberikan kalori paling tinggi. Satu gram lemak menghasilkan 9 kalori, sedangkan karbohidrat hanya 4 kalori.

Lemak terdiri atas lemak jenuh dan lemak tak jenuh. Karbohidrat dan lemak di dalam tubuh akan diproses menjadi suatu senyawa yang disebut asetil koenzim-A. Dari asetil koenzim-A ini terbentuk beberapa zat penting, seperti pembentukan asam lemak, trigliserida, fosfolipid, dan kolesterol.

Sekitar 80 persen kebutuhan kolesterol dihasilkan oleh tubuh, selebihnya dari makanan tinggi kolesterol, misalnya daging merah, kuning telur, jeroan, kulit ayam, mentega, dan minyak goreng. Sebaliknya, lemak tak jenuh dari tetumbuhan, seperti minyak kedelai, tidak banyak berpengaruh pada peningkatan kolesterol dalam darah.

Selain untuk proses metabolisme, kolesterol berguna untuk membungkus jaringan saraf (mielin), melapisi selaput sel, dan pelarut vitamin. Pada anak-anak, kolesterol dibutuhkan untuk mengembangkan jaringan otak.

Khasiat Penyembuhan
Alpukat mengandung asam folat, asam pantotenat, niasin, vitamin B1, vitamin B6, vitamin C, vitamin E, fosfor, zat besi, kalium, magnesium, dan glutation, juga kaya akan serat dan asam lemak tak jenuh tunggal. Kandungan ini yang mampu menurunkan kadar trigliserida dan kolesterol darah.

Kubis (brassica oleracea var. capitate) yang juga disebut kol, mengandung air, protein, lemak, karbohidrat, serat, kalsium, fosfor, tinamide, dan betakaroten. Kubis juga mengandung senyawa sianohidroksibutena (CHB), sulforafan, dan iberin yang merangsang pembentukan glutation.

Bawang merah (Cepae bulbus), mengandung senyawa flavonoid yang bekerja sebagai antioksidan dan menurunkan kadar kolesterol, trigliserida, dan gula darah. Bawang putih (Allii bulbus), bahan aktifnya s-allyl cysteine, suatu komponen thioallyl yang mempunyai khasiat hipolipidemik dan antitrombotik.

Jati belanda (Guezuma ulmifolia.lamk) bermanfaat menurunkan kadar lemak dan kolesterol darah melalui kandungan lendir, tanin, dan alkaloidnya. Ketiga zat itu meski memiliki mekanisme kerja yang berbeda, saling menunjang dalam menurunkan kadar lemak dan kolesterol darah.

Dijelaskan oleh Djoko Hargono, pemerhati obat alami, bila digunakan secara oral, kandungan lendir daun jati belanda akan mengembang di dalam lambung. Hal ini akan menyebabkan tertekannya nafsu makan, sehingga mengurangi gugus amino.
Serat diet yang mengikat gugus amino lebih efektif daripada kitin atau serat diet biasa. Serat ini memiliki gugus amino yang bermuatan positif, sehingga dapat menyerap lemak dan kolesterol yang umumnya bermuatan negatif.

Kunyit (Curcumae domesticae rhizoma) berkhasiat melancarkan darah dan energi vital, menghilangkan sumbatan, sebagai peluruh kentut dan haid, mempermudah persalinan, antibakteri, antiinflamasi, serta memperlancar pengeluaran empedu ke usus.

Temulawak (Curcumae rhizoma) mempunyai aktivitas kolagoga (memperlancar pengeluaran empedu ke usus).

Seledri (Apii graveolentis radix), akarnya mengandung asparagin, pentosan, glutamin, tirosin, manit, zat pati, lendir, dan minyak atsiri. Khasiatnya memacu enzim pencernaan dan peluruh kencing.

Angkak, sering disebut beras merah Cina, adalah sejenis cendawan berwarna merah, bernama Latin Monascus purpureus. Angkak bisa digunakan untuk membuat arak merah yang terbuat dari beras, sebagai bahan pengawet makanan, dan untuk obat. Berdasarkan penelitian, angkak mampu menurunkan kadar kolesterol darah.


DUA

Menurunkan kolesterol dan trigliserida secara alamiah itu mudah yang sulit adalah bagaimana anda konsisten terhadap gaya hidup yang sehat. Perubahan gaya hidup yang sehat dan diet makanan yang benar dapat menurunkan kolesterol dan trigliseride secara alamaiah yang dapat menyelamatkan hidup dan kesehatan anda.


Kolesterol
Kolesterol secara alamiah diproduksi oleh tubuh sendiri sekitar 80% dan 20% dari asupan makanan. Kolesterol berguna untuk membuat sel sel yang sehat, vitamin D, insulasi saraf dan hormon essensial. Kadar kolesterol yang tinggi dapat menyebabkan atherosclerosis, timbunan plak di dalam arteri. Plak menyempitkan dinding pembuluh darah menyebabkan berkurangnya sirkulasi darah ke jantung dan otak, kolesterol yang tinggi merupakan faktor resiko terjadinya penyakit jantung dan stroke.
Untuk menurunkan semua resiko secara keseluruhan profil lemak harus pada nilai sebagai berikut: Total kolesterol <150mg/dl, low density lipoprotein (LDL)/kolesterol jahat <130mg/dl, high density lipoprotein (HDL)/kolesterol baik >40mg/dl, rasio LDL/HDL harus di bawah atau sama dengan 3:1 dan trigliserida <150mg/dl.
Anda bisa secara aman menurunkan kolesterol secara alamiah dengan cara yang mudah dan murah.
1. Berolah-ragalah minimal 30 menit per hari, olah raga meningkatkan kolesterol baik HDL, menurunkan kolesterol jahat LDL, dan secara alamiah menurunkan kadar kolesterol total.
2. Konsumsi serat makanan, tambahkan makanan tinggi serat seperti buah-buahan, sayuran segar,kacang-kacangan,padi-padian utuh, atau suplemen serat ke dalam diet sehari-hari. Serat larut dari kacang-kacangan dan padi-padian berikatan dengan kolesterol dan membawanya ke luar tubuh. Buah dan sayuran berwarna cerah juga mengandung phytonutrient antioksidan yang berguna menurunkan kadar kolesterol dan mencegah penyakit jantung. Hindarilah makanan olahan dan ganti dengan makan yang segar.
3. Makanlah lemak baik dan kurangi lemak buruk, kurangi lemak hewan terutama dari produks susu dan daging merah, gunakanlah virgin olive oil dan ikan berminyak sebagai sumber lemak sehari hari. Minyak ikan yang mengandung omega-3 bukan hanya memperbaiki kolesterol tetapi juga membantu menurunkan tekanan darah dan dapat menurunkan resiko penyakit kardiovaskuler. Untuk lebih praktis bisa mengkonsumsi food suplement yang mengandung omega 3,omega 6 dan omega 9.

Trigliserida
Selain kadar kolesterol yang tinggi perlu menjadi perhatian kita adalah kadar trigliserida yang tinggi,para peneliti menemukan bahwa kadar trigliserida yang tinggi juga merupakan indikator paling bermakna terjadinya stroke dan penyakit jantung, berapapun kadar kolesterolnya. Kadar trigliserida di atas 200mg/dl dianggap tinggi dan menimbulkan resiko serius. Bahkan kadar 150mg/dl sampai dengan 199mg/dl sudah dianggap batas tinggi.
Trigliserida adalah sejenis lemak, kita mengira bahwa dengan diet rendah lemak akan menurunkan kadar trigliserida,ternyata tidak sepenuhnya benar. Penyebab utama adalah konsumsi gula yang berlebihan. Oleh karena itu makanan paling penting yang harus dihindari adalah karbohidrat yang mempunyai nilai glikemik yang tinggi, nilai glikemik adalah seberapa besar karbohidrat yang dapat diubah menjadi gula.
Menurunkan kadar trigliserida itu sangat penting karena menurut study terkini yang diterbitkan oleh American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa jika kadar trigliserida tinggi beresiko dua sampai tiga kali lebih tinggi menderita penyakit jantung dan stroke meskipun kadar kolesterol totalnya rendah, obat-obatan untuk menurunkan kadar trigliserida mempunyai efek samping yang serius. Menurut American Heart Association menganjurkan obat hanya dipertimbangkan sesudah tatalaksana diet secara alamiah menemui kegagalan dan harus ketat di bawah supervisi dokter.
Untuk diet menurunkan kadar trigliserida mulailah dengan :
-Perbanyak makanan tinggi protein tak berlemak
-Ganti karbohidrat dengan nilai glikemik tinggi dengan karbohidrat berglikemik rendah.
-Perbanyak konsumsi buah-buahan dan sayuran segar yang mengandung serat tinggi.
-Ganti konsumsi lemak jenuh dan trans dengan lemak yang baik.
-Turunkan total lemak makanan sampai 20%-30% dari kalori.
-Kurangi intake kalori untuk menurunkan berat badan dan pertahankan berat badan yang ideal.
-Berolah raga minimal 30 menit per hari.
-Hentikan kebiasaan merokok dan minum minuman beralkohol.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

isi di bawah sini...komentar anda : menggunakan anonimous atau menggunakan web anda contoh www.suralaya.com