03 Juli 2011

Merawat Piano



Meskipun banyak orang bisa bermain piano namun sangat sedikit yang mengenal piano itu secara keseluruhan. Maksudnya, seseorang bisa memainkan piano tetapi ia belum tentu tahu bagaimana merawat pianonya dan seberapa sering pianonya harus dituning dan diservis. Sering para pemilik piano dan guru-guru piano berpikir selagi piano itu masih menghasilkan suara dan bisa dipakai, piano itu masih bagus. Memang pemilik piano tidak dipersalahkan dalam hal ini karena kebanyakan mereka tidak mendapatkan informasi lengkap tentang piano. Tugas ini sepatutnya datang dari para dealer piano yang menjual piano dan sekaligus memberikan informasi yang dibutuhkan pelanggan.

Tuning Piano
Jika sebuah piano akustik dirawat dengan baik, piano itu bisa bertahan antara 70 hingga 100 tahun. Namun sangat disayangkan ada banyak pemilik piano akustik tidak mengetahui cara merawat pianonya. Sebagai akibatnya piano akustik baru yang dibelikan untuk si buah hatinya, tidak dapat bertahan lama. Bahkan ada piano akustik baru yang hanya berumur antara 5 hingga 7 tahun, namun terlihat sudah sangat tua dan lapuk serta berkarat, belum lagi suara yang dikeluarkan dapat dikatakan sudah tidak layak pakai.

Bagi kebanyakan orang, piano akustik masih tergolong barang mahal dan mewah karena harga belinya masih antara 30-50 juta untuk piano upright. Barang semahal itu sepatutnya membutuhkan perhatian khusus dari pemiliknya. Saya menyarankan, rawatlah piano anda sebaik-baiknya agar tetap bisa menghasilkan suara yang bagus dan indah.

Lalu apa saja yang perlu dilakukan untuk merawat Piano Akustik anda? Yang paling utama adalah melakukan Tuning/stem secara teratur. Jika anda memiliki piano akustik, anda harus rajin memperhatikan jadwal tuningnya. Piano yang dimainkan baik secara rutin atau tidak, atau tidak dimainkan sama sekali harus mendapat perawatan paling sedikitnya harus dituning sekali dalam 6-8 bulan. Kegiatan rutin ini berguna untuk menjaga kestabilan, dan keprimaan suara piano tersebut. Jika piano akustik anda digeser dari satu ruangan ke ruangan yang lain, atau dipindahkan dari lantai satu ke lantai dua atau dari rumah satu ke rumah lain, ingatlah selalu, piano anda perlu mendapatkan perhatian khusus yaitu tuning, karena setiap pemindahan akan membawa dampak pada kualitas suara piano itu sendiri.

Kedua adalah menjaga suhu di ruang piano anda agar tetap stabil. Piano sepatutnya ditempatkan di ruang tertutup dan paling baik di rungan AC (Air Condition) karena ruangan AC akan selalu kering dan suhunya tetap stabil. Jika suhu di ruangan terus berubah-ubah maka piano akan cepat berkarat atau berjamur. Jika hal ini terjadi, piano akustik baru yang masih berumur dua tahun sekalipun akan terlihat tua. Inilah yang membedakan piano di Eropa dan Amerika dengan piano di Asia khususnya negara-negara yang berada di garis khatulistiwa, karena negara-negara ini memiliki curah hujan yang tinggi yang berpengaruh langsung pada suhu ruangan rumah. Tidak banyak orang yang menempatkan pianonya di ruangan AC. Sepertinya kita tidak memiliki pilihan untuk menempatkan piano kita di tempat terbuka atau di ruang tamu dan inilah yang sering dilakukan oleh banyak pemilik piano.

Jika anda harus menempatkan piano anda di ruang terbuka seperti ruang tamu, perhatikanlah hal penting ini: Jangan sekali-kali letakkan piano anda dekat jendela atau pintu. Ini sering dilakukan banyak orang dengan pertimbangan, jika sedang bermain piano, bisa melihat-lihat dari jendela dan mendapatkan udara segar dari luar. Kelihatannya sangat menyenangkan dan masuk akal tetapi tahukah anda bahwa itu akan merusak piano akustik anda? Kenapa demikian? Karena udara yang masuk dari jendela dan pintu tersebut akan langsung masuk ke piano anda. Ingatlah selalu bahwa piano akustik anda yang terlihat mulus dan cantik, juga terbuat dari kayu dan stringnya terbuat dari baja yang mana kedua bahan ini tidak bisa kena air atau berada dalam suhu yang lembab.

Apa yang terjadi jika piano ditempatkan di dekat pintu atau jendela? Pertama, body piano dan komponen piano bagian dalam yang terbuat dari kayu akan berjamur, dan suhu lembab akan berakibat langsung pada tuts piano anda. Biasanya tuts piano anda akan turun dan nyangkut sana sini dan sebagainya karena semua elemen kayu di dalamnya telah mengembang karena mengandung air. Kedua, karena kayunya lembab maka akan terjadi pembusukan pada kayu piano anda. Ketiga, piano anda akan rusak dan tidak bisa dituning lagi meskipun masih kelihatan cantik dan mulus karena baut pemegang string piano telah menjadi longgar atau dol. Apakah pernah seorang tuner mengatakan hal itu pada piano anda? "Wah piano anda tak bisa dituning lagi, sudah dol." Keempat, akibat suhu lembab di ruangan atau angin yang mengandung air masuk ke piano akustik anda, maka string piano anda akan berkarat dan tidak lama lagi stringnya akan putus, dan anda siap-siap menggantinya dengan harga yang mahal. Jika string besar putus, anda harus merogoh kantong anda antara S$ 60-100, tergantung string mana yang putus. Semakin besar string yang putus, semakin besar pula harga yang harus anda bayar. Harga diatas belum termasuk biaya ongkos pasang string dan tuning piano pada saat bersamaan.

Saya sering mengamati orang latihan pieces piano, dengan segala usaha berusaha mengatasi kesulitan. Tidak lama kemudian, ia mulai gerah dengan suhu di ruangan. Hal yang paling cepat dilakukan adalah mengambil kipas angin dan mengarahkan langsung pada tubuhnya yang tentu juga pada body pianonya. Anda tahu apa yang akan terjadi bukan! Piano anda sudah tamat. Perhatikanlah ruangan dan lingkungan rumah anda apakah memang suhu lembab atau tidak. Jika memang lembab, hati-hatilah dengan rayab. Jika rayab ada di sekitar rumah anda, besar kemungkinan piano anda bisa kena rayab. Amati tuts dan body piano anda, apa ada keluar serbuk kayu di lantai sudut piano anda? Apa ada binatang kecil keluar dari tuts piano anda? Perhatikan apakah itu rayab? Jika ya, segera selamatkan piano anda! Carilah orang berpengalaman membasmi rayab pada piano.

Saya ingin memberitahukan, jangan sekali-kali meletakkan barang yang sifatnya cair di atas piano. Hindarilah hal itu agar piano anda tidak kena air. Jika anda harus mengepel lantai di sekitar piano, jangan tumpahkan air atau mengepel dengan kain pel yang basah. Peraslah kain pel itu terlebih dahulu khusus untuk lantai di sekitar piano agar air tersebut tidak menguap masuk ke dalam piano. Hal yang paling baik adalah, letakkanlah piano anda diatas karpet sehingga tidak perlu dipel dengan air tetapi dibersihkan dengan vacum cleaner. Perhatikanlah letak atau posisi piano anda, jangan sampai berada di bawah atap yang bocor. Belilah cover piano untuk menutupi piano anda dari debu dan benda asing. Cover piano akan mengurangi terjadinya goresan pada piano anda.

Service Piano
Kebanyakan pemilik piano hanya mengetahui bahwa piano itu perlu dituning jika tutsnya sudah turun atau hammer tutsnya sudah nyangkut. Namun sebenarnya pekerjaan itu lebih mengarah pada service piano. Tuning adalah menyelaraskan dan mengembalikan kembali suara piano pada kunci yang seharusnya, misalnya jika kunci C harus sesuai dengan nada C serta tidak melenceng dari itu atau lebih rendah atau lebih tinggi. Jika piano anda berjamur dan ada elemen yang rusak, itu perlu diservis. Tuning biasanya memakan waktu antara 1-2 jam per piano tetapi servis piano tergantung kerusakan dalam piano itu, bisa 1 jam, 3 jam atau 1 hari.Mungkin anda memiliki mobil dan perhatikan bagaimana anda merawatnya. Terkadang bukan karena mobil anda rusak lalu diperbaiki tetapi karena anda ingin memastikan mobil anda tetap bagus, lalu minta bengkel untuk menservisnya, melihat keseluruhan body dan mesin mobil agar tetap stabil dan bagus. Kegiatan seperti ini sering diistilahkan dengan melakukan perawatan. Piano juga membutuhkan hal seperti ini terutama piano baru yang sudah anda beli beberapa waktu. Piano itu butuh servis atau perawatan.

Scale Piano
Kegiatan Scale Piano pada umumnya dilakukan pada piano baru yang benar-benar baru dari pabrik. Karena semuanya masih baru dan belum pernah di sentuh tangan manusia serta belum dimainkan seseorang, maka scale piano akan mengharmoniskan semua suara yang dikeluarkan kunci-kunci tuts piano. Biasanya butuh 1-3 jam untuk scale satu unit piano baru. Namun scale piano juga bisa dilakukan pada piano lama yang masih memiliki kondisi dan suara yang lumayan baik, hanya saja sudah lama tidak dirawat dan dituning.

Overhaul Piano
Kegiatan ini biasanya dilakukan pada piano branded bekas yang masih terlihat bagus, yang memiliki nilai jual mahal atau pada Grand Piano yang masih memiliki nilai jual tinggi. Biasanya kegiatan ini mengangkat semua komponen piano dari body piano termasuk mengganti semua string piano tersebut dan componen lain yang dirasakan sudah tidak maksimal lagi. Tujuannya agar piano tersebut kelihatan baru lagi dan mengeluarkan suara yang lebih baik dari sebelumnya. Karena nilai jual merek piano tersebut masih tinggi, ini sering dilakukan karena tidak sanggup membeli yang baru dengan merek yang sama. Sayangnya kegiatan ini tidak dilakukan perorangan tetapi dilakukan oleh perusahaan tertentu sehingga ada yang disebut dengan recon (recondition) piano. Biasanya body pianonya juga dicat ulang agar nampak mulus dan bagus.

http://www.pianoanakku.com/index.php/component/content/article/14-articles/47-merawat-piano

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

isi di bawah sini...komentar anda : menggunakan anonimous atau menggunakan web anda contoh www.suralaya.com