04 Mei 2009

Fenomena Media Informasi

Bila kita lihat dari beberapa program siaran di televisi saat ini banyak fungsi, ada yang berfungsi sebagai acara membantu dalam tanda kutip :
  1. Acara Termehek mehek, Trans TV adalah fenomena polisi yang membantu yang mersa kehilangan sesuatu dan salah satu anggota keluarga, pacar, istri atau suami.
  2. Acara Tukar nasib, SCTV adalah fungsi Sosial bagaimana orang saling bagi rasa, yang miskin dan yang lebih kaya saling merasakan secara realitas pada kehidupan saat ini.
  3. Acara Curhat bareng Anjasmara TPI, adalah acara diskusi keluarga yang mempunyai masalah keluarga terutama kisah Selingkuh, dari suami atau istri, dimana kehidupan saat ini memang begitu variatif nya, yang sebeanar apakah acara ini akan baik atau tidak bagi masyarakat, kita lihat hanya waktu yang bisa menjawab.
  4. Acara Infotaimen yang di adakan hampir pada semua Stasiun Televisi, adalah acara mengukapan pribadi dan keluarga terutama selebritis, baik sisi salah dan sisi benar nya dari keluarga pada keluarag yang di tampilkan. Karena acara ini banyak mengukap rata-rata selebritis, maka di sisni penonton di ajak berfikir dan terbawa arus tingkah laku selebritis, kalau filter nya bagus maka acara ini sebagai Informasi saja, kalau tidak ada filter maka akan terjadi pembiasan yang berdampak kurang bagus untuk sisi masyarakat dan budaya kita (kata yang nulis aja loh)
Dari contoh acara tersebut diatas, maka kita sebagai mayarakat berbudaya timur lebih jernih lagi untuk menyimpulkan informasi yang di sampaikan dan kita mempunyai budaya adalah budaya yang sopan santun, sejuk, kekeluargaan, kebersamaan, gotong royong, saling menghagai sesama, jangan tergerus dan bergeser, dan kemungkinan akan hilang..
demikian pemikiran hari ini (penulis)

1 komentar:

  1. Memang demikian,semestinya depatemen yang menangani penyiaran memberi masukan kepada stasiun televisi..
    semoga

    BalasHapus

isi di bawah sini...komentar anda : menggunakan anonimous atau menggunakan web anda contoh www.suralaya.com