07 Juni 2015

Pengelolaan dan Pengawasan Arus Pendapatan Secara Terpusat


Apa seh P2APST itu?
P2APST adalah kependekan dari Pengelolaan dan Pengawasan Arus Pendapatan Secara Terpusat. Maksudnya adalah suatu metode yang mempermudah perusahaan dalam mengelola dan mengawasi pendapatan perusahaan yang bertujuan untuk memperlancar cash flow (arus pendapatan) perusahaan.

Pendapatan itu apa ya?
Secara umum, terdapat 2 jenis pendapatan perusahaan yaitu Taglis dan Non Taglis. Untuk di PT PLN (Persero) Wilayah NTB, transaksi Non Taglis akan diimpelentasikan pada tahun 2013.
Pendapatan Taglis adalah pendapatan yang berasal dari hasil penjualan pemakaian tenaga listrik dari konsumen, antara lain yaitu :
1) Rekening Listrik.
2) Angsuran.
Pendapatan Non Taglis adalah pendapatan yang bukan berasal dari penjualan tenaga listrik, antara lain yaitu :
1) Biaya Penyambungan.
2) Biaya Keterlambatan.
3) Sewa Trafo / Genset.
4) Dan lain sebagainya.

Siapa yang mengelola dan mengawasi?
Dengan metode P2APST, pendapatan perusahaan dikelola oleh lembaga keuangan profesional (dalam hal ini adalah perbankan). Perusahaan bertugas mengawasi arus data dan dana yang diterima dengan cara melakukan rekonsiliasi antara data yang tercatat di database perusahaan dengan data yang tercatat di database bank.

Bagaimana cara kerjanya?
Konsumen melakukan pembayaran atas biaya yang dikenakan oleh perusahaan di loket-loket pembayaran yang disebut dengan PPOB (Payment Point Online Bank). Beberapa bentuk dari PPOB adalah PP (Payment Point), ATM (Anjungan Tunai Mandiri), Teller Bank, Internet Banking, Mobile Banking, dll. Acuan dalam melakukan transaksi di PP adalah IDPEL, Nomor Meter Listrik Pintar atau Nomor Resi tergantung jenis transaksi yang dilakukan (jika transaksi Taglis maka menggunakan IDPEL atau Nomor Meter Listrik Pintar dan jika transaksi Non Taglis maka menggunakan Nomor Resi).
Setelah melakukan pembayaran di PP, data tersebut akan tercatat di database perusahaan kemudian tercatat di database bank. Untuk mengawasi arus data dan dana maka pihak perusahaan dan bank melakukan rekonsiliasi data yang dimiliki untuk memastikan jumlah dana yang akan ditransfer ke rekening perusahaan. Dengan metode P2APST maka arus dana perusahaan dapat dengan cepat tercatat.

https://wikipediapln.wordpress.com/2012/02/01/p2apst/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

isi di bawah sini...komentar anda : menggunakan anonimous atau menggunakan web anda contoh www.suralaya.com